Tren Produksi Batubara 2000 – 2012

Batubara sebagai salah satu sumber energi selain minyak bumi dan gas alam, telah menjadi sebuah alternatif yang menarik banyak perusahaan untuk menggunakannya. Apalagi dengan biayanya yang tidak terlalu mahal baik dalam pemanfaatannya maupun pengolahannya. Karena itulah, batubara menjadi sebuah pilihan bisnis sangat menjanjikan dalam sebuah industry pertambangan.

 
Sampai saat ini, pasar batubara tidak hanya domestik, tetapi ekspor yang nilainya sangat besar. Dari tahun ke tahun, permintaan akan kebutuhan batubara semakin meningkat. Berdasarkan harga minyak bumi yang semakin tinggi, maka akan semakin banyak perusahaan dan industry yang mulai beralih dari minyak bumi ke batubara.

 
Karena permintaan yang terus meningkat, maka semakin banyak para pengusaha yang mencoba ikut masuk dan mengambil keuntungan di bisnis ini. Sehingga, tercatat sudah banyak sekali para pemain di bisnis ini, dari perusahaan kecil sampai perusahaan ukuran raksasa. Dari perusahaan yang murni dimiliki lokal sampai dengan perusahaan-perusahaan yang mayoritas pemiliknya adalah warga Negara asing.

 
Namun yang menjadi pertanyaan saat ini adalah:

1.Seberapa besar potensi batubara Indonesia? Berapa besar nilai sumber daya dan cadangannya? Dan bagaiamana kualitas batubara Indonesia?

 
2.Seberapa besar nilai produksi dan penjualan batubara Indonesia? Bagaimana perbandingan nilai penjualan domestic, ekspor, dan impor?

 
Pertanyaan-pertanyaan ini perlu mendapat jawaban, agar sebagai investor atau pengusaha baru dapat menilai potensi dan ukuran bisnis ini. Sebagai akademisi, dapat menghasilkan informasi dan rekomendasi baru yang bermanfaat bagi masa depan industri ini.

 
Dalam rangka melihat seberapa besar pasar batu bara Indonesia, salah satunya kita bisa melihatnya melalui jumlah produksi yang dihasilkannya.

 
Berdasarkan angka dari Ditjen Mineral dan Batu Bara bagian dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral,  produksi batu bara Indonesia selalu meningkat dari tahun ke tahun.

 
Pada tahun 2000, produksi Idonesia baru sebesar 77 juta ton.  Dan pada tahun 2005, sudah meningkat dua kali menjadi sebesar 152 juta ton. Menariknya, pada tahun 2011, jumlah produksi bata bara Indonesia meningkat empat kalinya dibanding tahun 2000, yaitu sekitar 256 juta ton.***

 
Sumber: Laporan Industri: Kinerja Industri Batubara

***
 
Saya ingin mendapatkan Industry Insight secara rutin.

Share this: