Tren Harga Ruang Perkantoran Terus Meningkat

Meningkatnya aktivitas perekonomian di Indonesia tentunya akan diiringi dengan permintaan akan perkantoran yang semakin besar. Banyaknya permintaan akan perkantoran terjadi baik pada opsi sewa maupun strata title (beli).

Baik sewa maupun strata title memiiki kelebihan tersendiri. Untuk perusahaan yang memiliki budget lebih, opsi strata title dapat menjadi pilihan yang sangat menarik. Perkantoran strata title selain bisa digunakan sendiri juga bisa menjadi investasi yang sangat menjanjikan.

Namun, permintaan perkantoran yang meningkat tidak diimbangi dengan pasokan yang cukup, membuat harga jualnya semakin tinggi. Tingginya harga jual perkantoran ini membuat sebagian perusahaan lebih memilih opsi sewa.

Selain itu, faktor lokasi yang berada di Central Business District juga menjadi pendorong utama tingginya harga jual perkantoran.

Sebagaimana terlihat pada grafik di atas, harga jual perkantoran di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi selalu meningkat setiap kuartalnya.

Pada awal tahun 2012, rata-rata harga jual perkantoran sebesar 19,2 juta rupiah. Kemudian pada akhir 2012 harga jualnya telah meningkat 25 persen menjadi 24 juta rupiah.Sementara di tahun 3013 hingga kuartal 3, harga jual rata-rata perkantoran naik sebesar 12 persen.

Sementara jika kita bandingkan harga jual rata-rata perkantoran kuartal 3 2013 dengan kuartal 3 2012 (yoy), akan kita dapati pertumbuhan harga jual rata-rata sebesar 32 persen.

Sedangkan untuk pertumbuhan harga jual rata-rata perkantoran di JABODEBEK selama 2012 – 2013, mencapai angka tertingginya pada kuartal 4 2012 sebesar 10,22 persen. Pertumbuhan terendahnya ada pada kuartal 2 2013 dengan nilai 4,9 persen.
***

Share this: