Prediksi Kebutuhan Batubara oleh Pembangkit Listrik 2013 – 2020

Seiring adanya regulasi mengenai kuota eskpor batubara Indonesia ke luar negeri, maka berbagai perusahaan batubara Indonesia berusaha secara intensif untuk dapat menemukan pasar domestik yang menarik.

Berdasarkan data sejak 2000 sampai 2010, setidaknya ada 5 tipe industri besar yang menjadi target utama batubara domestik. Yaitu, industry pembangkit listrik, industry keramik dan semen, industri kertas dan pupl, industri besi dan baja, dan industri briket.

 Perubahan Pangsa Pasar Batubara di Indonesia

Teramati bahwa, pasar domestic didominasi oleh industri pembangkit listrik, dengan kebutuhan sangat besar higga mencapai sekitar 35 juta ton.

Lalu, bagaimana proyeksi kedepan sampai 2020, mengenai pertumbuhan permintaan industri pembangkit listrik terhadap batubara?

Berdasarkan gambar di atas, terlihat bahwa prediksi kebutuhan batubara untuk pembangkit listrik mulai 2013 sampai 2020 naik secara signifikan. BIla pada tahun 2013 ini kebutuhannya diprediksi sekitar total 62 juta ton, maka pada tahun 2020 kebutuhannya akan meningkat pesat menjadi total 124,5 juta ton. Ini berarti, terjadi peningkatan hampir sekitar 100%.

Dengan tingginya permintaan industri pembangkit listrik terhadap batubara, maka perusahaan batubara Indonesia mulai perlu memfokuskan pada target pasar ini.***

Sumber: Laporan Industri: Kinerja Industri Batubara

***

Share this: