Potensi Bisnis dari Wisatawan Mancanegara

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mengalami pertumbuhan kunjungan tiap tahunnya. Bila pada tahun 2003 jumlah wisatawan mancanegara masih sekitar 4,5 juta, maka pada tahun 2012 sudah hampir mencapai 2 kalinya yaitu 8 juta wisatawan.

Besarnya jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia, jelas merupakan potensi bisnis yang sangat besar untuk dimanfaatkan.

Tentunya, sektor bisnis yang terkait kedatangan wisawatan seperti akomodasi perhotelan, biro perjalanan wisata, dan jasa transportasi akan menjadi sektor yang langsung terkena dampak positifnya.

Bagi pemerintah, jelas akan ada devisa yang meningkat dari para wisatawan mancanegara. Dan tentu akan memberikan keuntungan tersendiri terkait semakin banyaknya dana yang mengalir ke Indonesia.

Selain itu, sektor bisnis yang tidak terkait langsung jelas ikut merasakan dampak positifnya. Seperti perbankan, asuransi, dan bisnis yang menjadi faktor pendukung dari segala aktivitas para wisatawan mancanegara di Indonesia.

Warga Negara Singapura yang Paling Sering Ke Indonesia

Berdasarkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, ternyata Singapura menduduki peringkat pertama yang warganya sering masuk ke Indonesia.

Setelah Singapura, Malaysia dan Australia beruturut-turut merupakan negara yang warganya banyak datang ke Indonesia.

Peringkat Negara Asal Berdasarkan Jumlah Wisatwan Mancanegara yang Datang ke Indonesia 2012

Hal ini dapat dipahami, karena beberapa hal, diantaranya faktor geografis dimana negara tetangga Indonesia adalah Singapura, Malaysia, dan Australia.

Faktor lain yang membuat Indonesia menjadi daya tarik warga negara tetangga adalah karena jumlah kekayaan alam dan jumlah masyarakat Indonesia yang sangat banyak. Dari sisi bisnis, ini sangat memberikan potensi yang besar.

Kita dapat melihat berdasarkan banyaknya perusahaan di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan sumber daya alam seperti perkebunan dan pertambangan, yang dimiliki warga negara Singapura dan Malaysia.

Selain itu, besarnya jumlah masyarakat Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi para produsen dari negara tetangga. Banyak produk-produk yang dibuat di negara Malaysia namun penjualannya dilakukan di Indonesia.

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah daya tarik keindahan alam yang luar biasa, sehingga mampu menyedot warga negara lain untuk masuk ke Indonesia. Potensi wisata alam Indonesia ini telah diakui warga negara Australia, Asia, dan Eropa untuk bisa menikmatinya.

Tujuan Utama untuk Liburan dan Bisnis

Bila kita lihat berdasarkan latar belakang wisatawan, kita dapat dengan mudah menjelaskan bahwa ada banyak tujuan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Seperti liburan, bisnis, dinas, pendidikan dan lainnya.

Namun berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa sebagian besar tujuan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia adalah untuk liburan dan bisnis.

Data ini menunjukan bahwa potensi objek wisata Indonesia masih menjadi daya tarik utama di dunia.

Komposisi Tujuan Perjalanan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia 2010 - 2011

Melihat lebih dalam potensi sumber daya alam, jumlah rakyat yang besar, dan tenaga murah menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang dari luar negeri datang ke Indonesia.

Hal ini didukung juga dengan semakin banyaknya masyarakat kelas menengah dengan tingkat pendidikan yang lebih baik. Sehingga intensitas kerjasama dalam dunia bisnis ikut meningkat.

Untuk itu, para pengelola bisnis yang terkait sektor pariwisata perlu membuat strategi yang jitu terkait hal ini, agar dapat memanfaatkannya.***

Sumber Gambar: Laporan Industri: Kinerja Industri Pariwisata Indonesia

***

Bagikan halaman ini ke teman