Pertumbuhan Penjualan Mobil di Indonesia

Pertumbuhan penjualan mobil menjadi salah satu parameter yang menunjukan pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan di sektor industri lainnya. Karena berkenaan dengan pertumbuhan ekonomi atau daya beli masyarakat. Bagaimana sebenarnya pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia? Hal ini dapat kita lihat pada gambar di atas.

Bila kita amati, terlihat ada 3 siklus pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia. Pertama, sejak 1993 sampai 1998. Pencapaian tertinggi dalam siklus ini ada di tahun 1997 dengan total penjualan sebanyak 389 ribu unit. Penurunan yang terjadi disebabkan karena adanya krisis ekonomi global yang berimbas ke Indonesia dan mempengaruhi kondisi politik juga.

Pada siklus kedua, antara tahun 2000 sampai dengan tahun 2006. Penurunan yang terjadi pada tahun 2006 juga diakibatkan oleh krisis ekonomi global. Hal yang sama juga terjadi pada periode tahun 2006 sampai 2009, yaitu disebabkan krisis ekonomi yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia terganggu.

Jadi, secara jelas terlihat bahwa penurunan penjualan mobil di Indonesia sangat ditentukan oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang juga sangat rentan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dunia.

InfoGrafik2

Pada gambar 1, kita dapat melihat penjualan mobil dengan cakupan luas yaitu tahunan. Sehingga kita dapat melihat faktor-faktor utama yang mempengaruhi kondisi pasar penjualan mobil di Indonesia.

Pada gambar 2, kami coba tampilkan penjualan mobil dengan rentang waktu bulanan, yang dibandingkan tiap tahunnya. Hal ini dimaksudkan untuk melihat, pada bulan-bulan apa saja penjualan mobil memiliki kinerja yang signifikan atau kurang optimal.

Berdasarkan gambar tersebut, kita dapat melihat bahwa setiap bulannya selalu ada kenaikan penjualan dari tahun ke tahun, terkecuali bulan Mei 2014 dimana terjadi penurunan penjualan dibandingkan Mei tahun sebelumnya dikarenakan terganggunya distribusi. Penjualan tahun 2014 lebih baik dari tahun 2013, dan penjualan tahun 2013 lebih baik dari tahun 2012. Penjualan tertinggi ada di bulan Juni dan Juli untuk tahun 2012 dan 2013. Sedangkan penjualan tahun 2011 ada di bulan Juli dan Oktober.

Namun, secara umum penjualannya memiliki trend yang cukup stabil atau tanpa volatilitas yang cukup besar.***

Bagikan halaman ini ke teman