Pertumbuhan Industri Methanol

Methanol atau metil alkohol adalah produk industri hulu petrokimia yang merupakan turunan dari gas alam yang digunakan oleh berbagai industri. Produk-produknya dapat kita temukan di keseharian hidup kita.

Pada saat ini, methanol sudah banyak di gunakan di berbagai industri dan  produk. Berdasarkan gambar, kita dapat melihat aplikasinya dalam bidang energi yaitu di dunia otomotif.

Setidaknya, ada beberapa industri lain yang sangat bergantung pada produk methanol, yaitu industri cat, industri farmasi, dan industri plastik. Dalam perkembangannya, ternyata dunia industri yang bergantung pada sumber energi, juga mulai memanfaatkan methanol sebagai salah satu unsur bahannya.


Kebutuhan Methanol Dunia

Berdasarkan data yang dirilis CMAI pada Agustus 2012 (lihat gambar di atas), terlihat kebutuhan methanol dunia saat ini, tahun-tahun sebelumnya, dan prediksi kebutuhan di masa depan sampai tahun 2016. Pertumbuhan kebutuhan methanol teramati berkorelasi positif atau linier dengan pertumbuhan kebutuhan energi dunia.

Kebutuhan Methanol Indonesia

Bila kita lihat data impor, ternyata untuk jumlah volume methanol yang diimpor, memiliki harga yang relatif sama jika dibandingkan volume dan nilai ekspor. Untuk tren jumlah volume dan nilai ekspor, juga sama dengn tren ekspor. Ada kenaikan pada tahun 2011. Namun karena data Desember belum masuk, maka diperkirakan volume dan nilai impor tahun 2011 dan 2012 kurang lebih sama

Peluang Bisnis Methanol

Berdasarkan analisis pasar dunia dan indonesia, ada beberapa hal yang menarik: Pertama, kebutuhan dunia dan Indonesi akan methanol terus naik signifikan. Kedua, kebutuhan dunia akan methanol naik seiring dengan kenaikan kebutuhan dunia akan energi

Ketiga, di masa depan, methanol tidak hanya dibutuhkan di berbagai industri manufaktur, tetapi juga di industri yang berkaitan dengan sumber daya energi, yaitu kebutuhan bahan bakar. Keempat,Cina merupakan negara dengan konsumsi methanol tertinggi di dunia, dikarenakan pertumbuhan ekonomi dan industrinya yang sangat luar biasa.
Kelima, Volume impor methanol Indonesia cukup tinggi, sebesar 60% volume ekspor Methanol Indonesia.

Bedasarkan beberapa fakta tersebut, terlihat bahwa peluang bisnis untuk methanol sangat prospektif dan menjanjikan. Tidak hanya untuk pasar Indonesia, tetapi juga untuk pasar dunia. Selain itu, terlihat bahwa negara dengan pertumbuhan ekonomi dan industri yang pesat merupakan pasar yang menjanjikan untuk penjualan produk methanol.***

…………………………………………………………………..

Saya ingin mendapatkan Industry Insight secara rutin.

Bagikan halaman ini ke teman