Persaingan di Segmen Pasar Low MPV

Segmen Low MPV merupakan segmen paling gemuk sekaligus sesak di industri mobil Indonesia. Hal tersebut terlihat dari penjualan 2013, dimana segmen ini menyumbang 379.205 unit atau 31% dari total penjualan mobil.

Ramainya segmen pasar Low MPV mulai terjadi pada 2003, ketika Toyota dan Daihatsu berkolaborasi melahirkan mobil dengan karakteristik dapat memuat banyak orang, 7 – 8 orang, namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Pada saat itu, sebenarnya Toyota Kijang merupakan ikon kesuksesan mobil MPV, yang identik dengan mobil keluarga. Namun seiring dengan waktu, harga Toyota Kijang relatif kurang bersaing untuk pasar kelas menengah bawah.

Memanfaatkan celah dengan membuat mobil yang dapat menampung banyak penumpang seperti Toyota Kijang, namun memiliki harga yang terjangkau, membuat Toyota dan Daihatsu meluncurkan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Dalam waktu singkat segmen Low MPV ini menjadi primadona baru menggantikan segmen Medium MPV.

Persaingan
Sejak pertama diluncurkan hingga saat ini, posisi Toyota Avanza sebagai penguasa Low MPV tidak tergoyahkan. Selama tahun 2013, Toyota Avanza berhasil menguasai pangsa pasar Low MPV sebesar 43% atau menguasai pangsa pasar 14,1% dari total penjualan di semua segmen pasar.

Kinerja Penjualan Mobil di Segmen Pasar Low MPV 2013 - 2014

Posisi penjualan kedua terbanyak pada 2013, dicapai oleh saudara kembar Toyota Avanza, yaitu Daihatsu Xenia. Namun pada 2013, Daihatsu Xenia terlihat kewalahan dalam menghadapi sengitnya persaingan di segmen ini. Suzuki Ertiga menjadi kompetitor pertama yang mampu memberikan ancaman di segmen ini, khususnya terhadap Daihatsu Xenia. Dimana pada 2013 total penjualan Suzuki Ertiga hanya berselisih 1.200-an unit dengan Daihatsu Xenia.

Pada tahun 2014, Toyota Avanza saat ini ditemani oleh pesaing-pesaing yang lebih kuat, seperti Honda Mobilio, yang dalam tahun pertamanya mampu menduduki posisi dua setelah setelah menggeser Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga.

Potensi Pasar
Karakteristik masyarakat Indonesia yang sosial memang sangat mendukung pangsa pasar LMPV untuk berkembang. Apalagi ketika disuguhi banyak fitur keamanan, kenyamanan, dan harga yang makin kompetitif. Maka pasar Low MPV diprediksi akan semakin berkembang di tahun-tahun mendatang.***

Bagikan halaman ini ke teman