Periode “Emas” Industri Batubara, Kapankah Berulang?

Industri batubara merupakan salah satu sektor industri yang paling diminati banyak pelaku usaha di Indonesia, khususnya pada tahun 2011 – 2012. Karena pada periode ini, harga batubara cukup tinggi. Sehingga, nilai yang didapatkan lebih tinggi dan memberikan keuntungan yang menarik. (lihat grafik)

Bisnis batubara masuk pada masa keemasan ketika harga batubara acuan (HBA) mencapai angka di atas 100 USD/Ton. Momen keemasan ini ada sejak awal 2011 sampai pertengahan 2012.

Namun, sejak akhir 2012, harga batubara terus merosot tajam sampai hari ini. Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), harga batubara acuan Juni 2017 adalah 75,46 USD/Ton.

Lalu, kapankah harga batubara naik dan bisnis batubara kembali ke masa keemasannya? Semua kembali pada permintaan dunia akan batubara. Ketika permintaan batubara naik, khususnya dari China dan India, maka secara otomatis harga akan bergerak naik.

Grafik Perbandingan Harga Batubara Acuan Indonesia Vs Volume Ekspor Batubara 2009 – 2017
Sumber: Laporan Industri Batubara di Indonesia 2017 (klik)

Sedangkan, tingkat kebutuhan atau konsumsi batubara China dan India sangat dipengaruhi stabilitas dan pertumbuhan ekonomi dunia dan pertumbuhan ekonomi negara mereka sendiri.

Untuk itu, kita berharap agar pertumbuhan ekonomi kedua negara tersebut meningkat, sehingga permintaan akan batubara dunia akan naik dan ikut mendorong kenaikan harga batubara.***