Penjualan Alat Berat

Sepanjang tahun 2015, penjualan alat berat di Indonesia turun sebesar 33% menjadi sebanyak 5.912 unit dari penjualan tahun 2014 yang sebesar 8.867 unit. Tren penurunan ini mengikuti pola tahun-tahun sebelumnya yang sejak 2012 terus mengalami penurunan penjualan.

Penurunan penjualan alat berat ini diakibatkan oleh lemahnya pertumbuhan industri di berbagai sektor industri yang operasional sehari-harinya banyak menyerap alat berat seperti industri pertambangan, kehutanan, dan perkebunan.

United Tractor, sebagai salah satu pemain di industri alat berat, ikut terkena dampak dari penurunan penjualan alat berat. Pendapatan United Tractor pada 2015 turun sebesar 7% dari tahun sebelumnya. Bahkan penjualan alat berat Komatsu, sebagai salah satu brand di bawah United Tractor, turun sebesar 40% sepanjang 2015.

Untuk mensiasati penurunan penjualan alat berat, United Tractor mulai masuk ke bisnis di sektor industri konstruksi. Dan sepanjang tahun 2015, United Tractor mampu membukukan pendapatan dari sektor ini sebesar 2,7% dari total pendapatannya.***

Sumber: Laporan Industri Alat Berat di Indonesia 2016

 

 

Share this: