Kebutuhan Batubara Berdasarkan Sektor Industri, 2015 – 2019

Batubara merupakan salah satu sumber daya energi yang sangat dibutuhkan dalam dunia industri. Baik industri dalam negeri maupun industri luar negeri. Besarnya kebutuhan terhadap batubara terus meningkat setiap tahun, khususnya kebutuhan untuk industri dalam negeri.

Data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjukan bahwa, kebutuhan batubara untuk industri pembangkit listrik paling besar. Yaitu mencapai rata-rata 80% dari total kebutuhan yang ada.

Pada tahun 2015, kebutuhan batubara diprediksi sebesar 92,5 juta ton. Dimana, sekitar 74 juta ton akan diserap PLTU atau pembangkit listrik tenaga uap. Hal ini seiring langkah dari PLN untuk terus meningkatkan kapasitas pembangkit listrik dalam memenuhi kebutuhan listrik yang semakin tinggi di berbagai daerah di Indonesia.

Secara umum, setiap tahunnya, kebutuhan batubara oleh berbagai sektor industri di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan grafik di atas, terlihat pertumbuhan kebutuhan batubara untuk berbagai sektor Industri di Indonesia sampai tahun 2019. Hal ini menjadi sebuah peluang bisnis yang menarik bagi para pelaku bisnis dan industri batubara dalam negeri.***

Sumber: Studi Kinerja Industri Batubara 2015

Bagikan halaman ini ke teman